Minggu, 15 Maret 2015

on Komentari

Pakan Pada Sapi Potong



Salah satu faktor penting keberhasilan usaha peternakan adalah kecukupan kuantitas atau jumlah dan kualitas atau mutu pakan yang diberikan. Adapun yang dimaksud dengan pakan adalah semua bahan makanan yang bisa diberikan dan bermanfaat bagi ternak.


Pemberian pakan yang baik perlu dilakukan untuk :
  1. Kebutuhan hidup pokok, yaitu pakan yang mutlak dibutuhkan dalam jumlah minimal untuk kebutuhan hidup pokok untuk menjaga keseimbangan dan mempertahankan kondisi tubuh ternak. Kebutuhan tersebut digunakan untuk bernafas, bergerak, dan pencernaan makanan.
  2. Kebutuhan untuk pertumbuhan, yaitu kebutuhan pakan yang diperlukan ternak untuk proses pembentukan jaringan tubuh dan menambah berat badan.
  3. Kebutuhan untuk reproduksi, yaitu kebutuhan pakan yang diperlukan ternak untuk proses reproduksi, misalnya kebuntingan
Pakan yang diberikan pada ternak harus :
  1. Tidak dalam keadaan rusak misal busuk atau bercendawan
  2. Disukai ternak
  3. Bebas dari penyakit
  4. Mudah di dapat
  5. Harganya murah
Pakan juga harus mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh hewan ternak seperti :
  1. Air
  2. Karbohidrat
  3. Lemak
  4. Protein
  5. Mineral dan
  6. Vitamin.
Pada usaha peternakan rakyat, pakan yang diberikan pada umumnya sesuai dengan kemampuan peternak, bukan sesuai dengan kebutuhan ternaknya. Pasokan pakan berkualitas rendah merupakan hal yang biasa. Namun jika terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang lama, maka cara ini akan berpengaruh negative terhadap produktivitas ternak. Pemberian pakan dimaksudkan agar ternak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sekaligus untuk pertumbuhan dan reproduksi.

Dalam memilih bahan pakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :
  1. Mengandung zat gizi/nutrisi yang dibutuhkan ternak
  2. Mudah diperoleh dan sedapat mungkin terdapat di daerah sekitar sehingga tidak menimbulkan masalah ongkos transportasi dan kesulitan mencarinya.
  3. Terjamin ketersediaannya sepanjang waktu dan dalam jumlah yang cukup
  4. Disukai oleh ternak
  5. Harga bahan pakan terjangkau
  6. Bahan pakan tidak bersaing dengan kebutuhan manusia
  7. Tidak mengandung racun.

Jenis-jenis pakan sapi potong adalah :
  1. Hijauan.
  2. Kosentrat
  3. Pakan tambahan (suplemen)


HIJAUAN

Pakan hijauan adalah semua bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau tanaman. Mnurut keadaannya, jenis hijauan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :
  • Hijauan segar, seperti rumput-rumputan (rumput unggul seperti rumput gajah, rumput raja dan lain-l;ain), rumput lapangan, kacang-kacangan/leguminosa (seperti daun lamtoro, turi, gamal dan lain-lain) dan tanaman hijauan lainnya. Sebelum diberikan kepada ternak, rumput segar harus dilayukan terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghindari kembung pada ternak. Rumput juga sebaiknya dicacah terlebih dahulu agar ternak mudah memakannya. Lakukan pencacahan menggunakan arit atau chopper. Untuk mengatasi kekurangan hijauan dapat dimanfaatkan limnah-limbah pertanian seperti jerami padi, batang jagung, kelobot jagung dan lain-lain.
  • Hijauan kering, berasal dari hijauan segar yang dikeringkan dengan tujuan agar tahan disimpan lebih lama, karena serat kasarnya tinggi dan kadar airnya rendah. Termasuk dalam hijauan kering adalah jerami padi, jerami kacang tanah, jerami jagung dan lain-lain.
  • Silase, adalah pakan yang telah diawetkan yang diproses dari bahan baku yang berupa tanaman hijauan, limnah pertanian dan lain-lain melalui proses fermentasi, contohnya silase rumput dan silase jerami padi.
KOSENTRAT

Kosentrat merupakan pakan yang mengandung energi dan protein yang tinggi serta serat kasar yang rendah. Bahan pakan kosentrat meliputi biji-bijian (seperti jagung), hasil ikutan industri pertanian (seperti bekatul, bungkil kelapa, bungkil kedelai, bungkil kelapa sawit)

PAKAN SUPLEMEN

Pakan suplemen merupakan pakan tambahan bagi ternak ruminansia yang mengandung vitamin dan mineral, seperti Urea Mollases Block (UMB)

Aturan pemberian pakan sapi potong adalah :
  • Pakan hijauan diberikan 10 persen dari bobot badan
  • Pakan tambahan sebanyak 1-2 persen dari bobot badan
  • Pemberian pakan ternak sapi dapat dilakukan dengan pengembalaan (pasture fattening)
  • Kereman (dry lot fattening) yaitu cara pemberian pakan melalui penjatahan atau penyuguhan) dan kombinasi cara keduanya.


  •  
 

0 komentar:

Posting Komentar